Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Karya Purnami Eka Yanti (Kelas VIA)

Guru adalah abdi negara yang sangat besar jasanya dalam mendidik manusia untuk membentuk mental menjadi manusia yang berguna di masa depan untuk mengisi kemerdekaan ini. Guru ibaratnya seorang pahlawan tanpa menggunakan senjata baik pistol maupun tombak, namun ia mengabdikan diri dengan penuh semangat perjuangan. Berkoar-koar di depan kelas untuk mentranfer ilmu yang dimilikinya.

Guru adalah yang digugu dan ditiru. Maka seorang guru harus menjadi suri teladan di masyarakat menjadi contoh anak-anaknya dan murid-muridnya. Seorang guru harus bisa meningkatkan diri serta disiplin ilmunya sesuai dengan perkembangan zaman guru..Zaman dulu dengan zaman sekarang sangat berbeda, dalam artian guru tidak boleh berpangku tangan saja. Tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Belajar seumur hidup. (lanjut………………………..)

Guru memegang peranan penging dalam kehidupan atau globalisasi ini. Tanpa guru mungkin tidak akan dokter dan sebagainya. Maka itu wajarlah pemerintah menghargai jasa guru. Seorang guru harus mempunyai komitmen yang pas dengan tujuannya. Dia harus mampu mengajar, mendidik, membimbing demi tercapainya cita-cita bangsa. Di alam yang merdeka ini profesi guru adalah profesi yang sangat dihargai. Seorang guru mampu menciptakan suasana yang harmonis menyenangkan artinya dalam tindakan di kelas. Guru harus memperhatikan objek serta varieabel-variabel yang relevan demi terciptanya suasana belajar yang menyenangkan.

Nah, sekarang, kenapa guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Dalam artian guru bukanlah berperang mengorbankan jiwa raga. Melainkan dengan kemampuannya. Guru mengabdi dengan tulus. Semua pengabdiannya akan diingat dalam lubuk sanubari peserta dirik. Semua pengabdiannya akan tersimpan dalam lubuk hati muridnya.

Tanggal 25 November merupakan peringatan hari guru nasional. Dalam setiap tahun hari guru tetap diperingati dalam artian guru mendapat perhatian sangat besar, maka itu wajarlah kita sebagai bangsa yang besar harus menghargai jasa guru. Sedangkan siswa sebagai objek peserta dirik dapat menerapkan nilai-nilai luhur kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Dapat meniru sikap tegar seseorang lguru. Dalam menghadapi tantangan zaman di era globalisasi ini. Seorang guru patut diacungi jempol karena kepahlawanannya. Demikian sekelumit cerita tentang guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Tulisan Lain: