Dalam era globalisasi pendidikan, setiap unit sekolah dituntut mampu bersaing dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat. Kepercayaan masyarakat akan diperoleh bila kualitas pendidikan yang dilaksanakan cukup bagus. Hal itu tercapai bila pelaksana pendidikan selalu mengupayakan peningkatan kualitas manajemen dan sumber daya manusia (SDM) dengan baik.

Kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagaimana ditetapkan dalam GBHN 1988 harus diwujudkan sepenuhnya melalui semua jenjang dan jenis pendidikan, termasuk jenjang pendidikan dasar. Ini mengandung makna bahwa pengembangan kemampuan dan peningkatan mutu kehidupan serta martabat manusia Indonesia merupakan tugas yang harus diemban dan dilaksanakan dengan segala usaha dan kerja keras, disertai ketekunan, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi.


Hal itu senada dengan UU No. 2 Tentang Pendidikan Nasional yang mengisyaratkan bahwa pembangunan di bidang pendidikan diarahkan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Kedua perangkat hukum di atas menuntut semua lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan yang paling tinggi memperhatikan tingkat kesejahteraan tenaga pendidik. Dengan begitu para pendidik sanggup melaksanakan tugas dengan disiplin, punya rasa tanggung jawab dan berupaya penegakkan disiplin dan tatatertib di lembaga pendidikan itu. Hal ini karena konsentrasi mereka tidak lagi terpecah ke arah persoalan kebutuhan hidup dirinya sendiri, apalagi keluarganya.

SD Saraswati 6 Denpasar sangat sadar, sebagai sekolah yang berdiri tahun 1998 membutuhkan kerja dan pembelajaran diri yang lebih keras untuk mencapai tujuan pendidikan yang semestinya. Karena pengalaman dan wawasan yang dimiliki sangat terbatas, sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pendidikan pun sangat minim.

Meskipun demikian, SD Saraswati 6 Denpasar punya tekad yang bulat dan semangat tinggi untuk mencapai tujuan itu, yakni menghasilkan generasi penerus bangsa, pelanjut cita-cita pejuang bangsa Indonesia, mampu menciptakan manusia yang bermutu, berdaya guna, sekaligus memiliki keterampilan yang diharapkan dunia pendidikan. Dengan demikian, SD Saraswati 6 Denpasar mengharapkan lulusan yang mampu bersaing dalam zaman globalisasi ini.

Namun semua itu tidak akan berjalan dengan baik bila sekolah menutup diri dari perkembangan zaman, aspirasi masyarakat, serta bimbingan-bimbingan dari lembaga terkait. Semua hal itulah yang mendasari penyusunan profil Sekolah Dasar Saraswati 6 Denpasar ini.